Program Studi Sastra Inggris

VISI MISI PROGRAM STUDI SASTRA INGGRIS STIBA SARASWATI DENPASAR
 
Visi
“Menjadi Program Studi Sastra Inggris Berkualitas Untuk Menghasilkan Lulusan yang Kompeten dalam Penguasaan Bahasa Inggris dan Siap Bersaing di Era Global”
 
Misi
Untuk mewujudkan Visi Program Studi Sastra Inggris STIBA Saraswati Denpasar, maka misi Program Studi Sastra Inggris adalah:
 

  1. Melaksanakan pendidikan dan pengajaran bahasa dan sastra Inggris dengan atmosfir akademik tinggi serta budaya mutu yang baik.
  2. Melaksanakan kegiatan penelitian bidang bahasa dan sastra Inggris yang berkualitas dengan luaran berpotensi HKI.
  3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat yang berpotensi memberi kontribusi berkelanjutan dalam bidang bahasa Inggris dan bidang lain yang terkait.
  4. Menghasilkan lulusan yang mempunyai profil sikap, pengetahuan, keterampilan umum dan khusus sesuai dengan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) Prodi Sastra Inggris STIBA Saraswati Denpasar.
  5. Mengembangkan kerjasama aktif dan efektif dengan berbagai pengguna lulusan pada tingkat regional, nasional dan internasional.

Tujuan
Tujuan Program Studi Sastra Jepang STIBA Saraswati Denpasar adalah:


Melaksanakan Tridharma Perguruan Tinggi dan menghasilkan lulusan dengan sejumlah kompetensi sesuai dengan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia yang ditetapkan di STIBA Saraswati Denpasar.


Struktur Kurikulum
Kurikulum sebagai satu sistem perangkat instruksional yang harus diselesaikan untuk tercapainya suatu profil spesialisasi STIBA Saraswati Denpasar, disusun dalam struktur yang sangat fleksibel namun menunjukkan alur proses belajar yang jelas. Masukan mahasiswa yang masih heterogen kemampuan bahasa asingnya, dengan kurikulum yang jelas alurnya ini akan berproses menuju kemampuan bahasa asing yang homogen, namun dibekali spesifikasi keahlian profesional yang berbeda-beda, sesuai dengan pilihannya masing-masing. Struktur Kurikulum STIBA Saraswati Denpasar didesain secara single-entry namun menghasilkan multi-exit.

Keputusan Menteri Pendidikan Nasional RI No.232/U/2000 tentang Pedoman Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi dan Penilaian Hasil Belajar Mahasiswa. Dalam pedoman penyusunan kurikulum ini, pengelompokan mata kuliah yang semula terdiri dari MKU, MKDU, MKDKU, MKDKA, MKK, MKP, diubah menjadi kelompok MPK, MKK, MKB, MPB dan MBB. Semua kelompok mata kuliah ini dibagi menjadi kurikulum inti dan institusional. Kurikulum Inti ditentukan berkisar antara 40%-80% dari jumlah SKS kurikulum program sarjana.

Dalam ketentuan umum keputusan Menteri Pendidikan Nasional NO. 232/U/2000 disebutkan bahwa yang dimaksud dengan :

  1. Kelompok Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian (MPK) adalah kelompok bahan kajian dan pelajaran untuk mengembangkan manusia Indonesia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berbudi pekerti luhur, berkepribadian mantap, dan mandiri serta mempunyai rasa tanggungjawab kemasyarakatan dan kebangsaan
  2. Kelompok Mata Kuliah Keilmuan dan Keterampilan (MKK). Kelompok bahan kajian dan pelajaran yang ditujukan terutama untuk memberikan landasan penguasaan ilmu dan keterampilan tertentu.
  3. Kelompok Mata Kuliah Keahlian Berkarya (MKB). Kelompok bahan kajian dan pelajaran yang bertujuan menghasilkan tenaga ahli dengan kekaryaan berdasarkan dasar ilmu dan keterampilan yang dikuasai.
  4. Kelompok Mata Kuliah Perilaku Berkarya (MPB). Kelompok bahan kajian dan pelajaran yang bertujuan untuk membentuk sikap dan perilaku yang diperlukan seseorang dalam berkarya menurut tingkat keahlian berdasarkan dasar ilmu dan keterampilan yang dikuasai.
  5. Kelompok Mata Kuliah Berkehidupan Bermasyarakat (MBB). Kelompok bahan kajian dan pelajaran yang diperlukan seseorang untuk dapat memahami kaidah berkehidupan bermasyarakat sesuai dengan pilihan keahlian dalam berkarya.
Mata Kuliah Program Studi Bahasa dan Sastra Inggris
Mata kuliah yang diberikan oleh STIBA Saraswati untuk program studi Sastra dan Bahasa Jepang adalah sebagai
Back to Top